Mengawali tahun 2024, PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai salah
satu Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) mendorong dan memotivasi
karyawan untuk menciptakan dan menyebarluaskan informasi positif terkait
kepelabuhan di media sosial melalui Sharing Session Good News from SPMT.
Kegiatan virtual yang dihelat pada Selasa, 9 Januari 2024 ini
menghadirkan keluarga besar Pelindo Group sebagai peserta, dan mendaulat
narasumber kompeten yakni Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal Edi Priyanto
(keynote speech), Communications Strategist, Fardila Astari, Mind ID Employee
& Digital Creator, Vina Muliana, serta Sekretaris Perusahaan PT Pelindo
Multi Terminal Fiona Sari Utami.
Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto mengungkapkan bahwa
karyawan adalah bagian penting dari Perusahaan yang sekaligus berperan sebagai
ambassador yang dapat menjadi perpanjangan tangan Perusahaan dalam menyampaikan
informasi penting Perusahaan.
“Banyak hal positif tentang SPMT yang dapat disampaikan kepada seluruh
penjuru, dan di sanalah peran penting karyawan sebagai ambassador Perusahaan.
Informasi tersebut dapat ditunjukkan melalui media sosial sebagai perwujudan
rasa bangga karyawan yang dapat berupa kegiatan operasional, Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3), aksi sosial, aktivitas karyawan, dan lainnya. Sejalan
dengan bulan K3 Nasional yang akan dimulai pada 12 Januari 2024, karyawan dapat
mengkampanyekan hal-hal baik yang berkaitan dengan K3 yang diterapkan di
lingkungan SPMT yang dapat memberikan manfaat bagi kita dan Perusahaan,” ujar
Edi Priyanto.
Menyahuti itu Vina Muliana yang dikenal masyarakat luas sebagai seorang
Digital Creator ini menuturkan setidaknya ada 3 syarat untuk membuat sebuah
konten di media sosial yakni, penting, solutif, dan motivator.
"Konten yang dibuat penting jika dekat dengan hidup audience,
kemudian memberikan solusi kepada audience, dan sekaligus memotivasi audeience
untuk mengubah gaya hidupnya menjadi lebih baik," ungkap Vina.
Namun jika konten berkaitan dengan nilai-nilai perusahaan, tentu ada
aturan yang tidak bisa dilakukan sembarang. Vina juga menegaskan, bagi karyawan
perusahaan, ada beberapa hal yang sebaiknya dipahami dalam membuat
konten-konten di media sosial.
"Atas nama perusahaan kita tidak bisa sebebas dan semau kita
membuat konten, karena kita akan mempresentasikan perusahaan kita, kita tidak
boleh provoke, tidak boleh menyentuh ranah SARA, apalagi sampai memperlihatkan
dukungan terhadap kelompok tertentu, dan mensupport subjek atau objek yang
dilawan oleh massa," beber Vina.
Sependapat dengan itu, Communications Strategist, Fardila Astari juga
menekankan, segala hal yang terposting di media sosial akan berdampak terhadap
brand-brand di belakang yang menyertainya.
"Ketika kita masuk ke ruang-ruang publik, sebetulnya kita udah
masuk ke ranah publik, apapaun yang kita posting akan berdampak terhadap brand
di belakang kita. Mulai dari keluarga, nama perusahaan, alumni kampus, dan
lainnya. Jadi baik dan buruk yang kita posting akan sampai di brand belakang
kita," terang Fardila.
Sementara itu Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal
menjelaskan, mulai tahun 2024 ini seluruh insan SPMT juga insan Pelindo Group
secara umum akan menjadi ambassador bagi perusahaan melalui personal branding
di media sosial. Sharing session Good News from SPMT ini menjadi wadah bagi
seluruh insan Pelindo Grup, khususnya SPMT untuk berbagi ilmu bersama para
narasumber yang ahli di bidangnya untuk bisa mengabarkan informasi positif
Perusahaan.
“Tren saat ini word of mouth akan menjadi kekuatan untuk membetuk narasi
positif. Untuk mendorong dan memotivasi karyawan dalam bermedia sosial yang
sehat dan positif, SPMT menyelenggarakan Instagram challenge Good News from
SPMT yang dapat diikuti oleh seluruh karyawan SPMT Grup melalui storytelling
Insan SPMT. Harapannya dengan challenge tersebut dapat menumbuhkan budaya
berbagi informasi positif tentang Perusahaan yang semakin dapat meningkatkan
kredibilitas baik Perusahaan,” tutur Fiona.
SELESAI