Branch Tanjungpinang Tumbuh Positif 4,19% Catatkan Arus Penumpang Tersibuk
Medan, 23 Januari 2025 – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo
melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) menunjukkan komitmennya
dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna jasa selama periode Natal
dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Selama periode H-15 hingga H+15 (10 Desember
2024 – 9 Januari 2025), SPMT mencatat trafik penumpang sebanyak 630.479 orang
di seluruh terminal yang dikelolanya.
SPMT sebagai subholding yang mengelola terminal
nonpetikemas di Indonesia yang meliputi: terminal curah cair, curah kering,
multipurpose hingga terminal penumpang. Saat ini ada delapan branch SPMT yang
mengelola terminal penumpang yakni: Tanjungpinang, Sibolga, Tanjung Balai
Karimun, Tanjung Emas, Gresik, Lembar,
Bima, dan Parepare.
“Dalam menghadapi periode Nataru ini, SPMT
memastikan kesiapan layanan, personel, dan fasilitas di terminal penumpang yang
dikelolanya sehingga dapat berjalan dengan optimal. Kelancaran layanan arus penumpang Nataru ini
dapat berjalan dengan baik berkat hasil sinergi dari seluruh pihak yang
terlibat di lingkungan pelabuhan, termasuk dukungan dan kepercayaan dari
masyarakat yang memilih angkutan transportasi laut,” terang Finan Syaifullah,
Sekretaris Perusahaan SPMT.
Berdasarkan hasil pemantauan, Branch
Tanjungpinang mencatatkan angka trafik penumpang yang tersibuk yang dilayani
oleh SPMT. Dengan dua terminal yang dikelolanya yakni Sri Bintan Pura dan Sei
Kolak Kijang mencatatkan pertumbuhan positif sebesar 4,19%. Total penumpang
pada periode Nataru tahun ini meningkat menjadi 227.054 orang, dibandingkan
tahun sebelumnya, 217.933 orang.
Terminal Sri Bintan Pura ini melayani rute
domestik menuju Batam, Pulau Dabok Daik, Lingga Serasan, Dumai, Selat Panjang,
Tanjung Balai Karimun dan sejumlah pulai lainnya di wilayah Provinsi Kepulauan
Riau. Selain melayani rute domestik, juga menjadi pintu gerbang rute
internasional menuju Tanah Merah - Singapura dan Stulang Laut - Malaysia.
"Penyelenggaraan layanan selama Nataru ini
akan menjadi bahan evaluasi dan pembelajaran bagi kami untuk terus meningkatkan
layanan agar bisa berjalan lebih baik dan lancar di masa mendatang. Tentunya
hal ini dilakukan sebagai komitmen SPMT yang terus berupaya untuk memberikan
keamanan dan kenyamanan dalam melayani masyarakat yang menggunakan transportasi
laut,” tutup Finan.