Pelindo Multi Terminal Gelar Awareness K3 Dan Bagikan APD

(IDN TIMES) PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas menggelar kegiatan Sosialisasi Awareness K3 untuk Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya pada Rabu (7/6/2023).


Kegiatan yang digelar oleh SPMT Branch Terminal Jamrud Nilam Mirah (Jamila) Surabaya ini digelar di Gedung Barunawati, Tanjung Perak, dan diikuti oleh 110 TKBM yang bekerja di Pelabuhan Tanjung Perak.


Pada kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama TKBM Pelabuhan Tanjung Perak untuk menegakkan disiplin penerapan Budaya K3 di lingkungan pelabuhan, serta pembagian Alat Pelindung Diri (APD) kepada para pekerja pelabuhan Tanjung Perak yang diberikan secara simbolis oleh Branch Manager SPMT Terminal Jamrud Nilam Mirah Made Rusli.


1. Menumbuhkan budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan


Kegiatan sosialisasi ini diisi oleh Muhammad Haris, Vice President HSSE Pelindo Multi Terminal, Capt. Dewi Sartika dari Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak, beserta Lili Sutanti dari Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Jawa Timur sebagai pemateri yang ditujukan untuk meningkatkan kesadaran atas implementasi budaya K3 agar keselamatan dan kesehatan pekerja terjamin sehingga produktivitas dan efisiensi operasional pelabuhan tetap berjalan dengan baik.


SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menerangkan, sosialisasi Awareness K3 dan ini merupakan bagian dari komitmen SPMT dalam menjunjung budaya keselamatan kerja di lingkungan pelabuhan, baik untuk internal maupun untuk eksternal.


"Selain itu, sosialisasi dan pemberian APD ini juga menjadi salah satu aksi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan SPMT. Diharapkan kegiatan ini dapat mendorong kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 sehingga lebih aware terhadap keselamatan dan kesehatan di area Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo Multi Terminal," terang Fiona.

 

2. Bekerja lebih selamat dan berhati-hati


Kepala Seksi Fasilitas & Pengawasan Operasional Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Eka Cakrawala yang turut hadir juga menyambut baik digelarnya kegiatan awareness K3 untuk TKBM Pelabuhan ini.


"Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam mengimplementasi budaya K3 di Pelabuhan Tanjung Perak," tuturnya.


Di sisi lain, Ketua 1 Koperasi TKBM Tanjung Perak Akhmad Kholik juga mendukung kegiatan Awareness K3 di area pelabuhan ini.

"Diharapkan, adanya sosialisasi berkelanjutan sehingga pekerja pelabuhan di Terminal Jamrud Nilam Mirah dalam bekerja lebih selamat dan berhati-hati karena kita adalah tumpuan keluarga kita," ujarnya.


3. SPMT kini mengelola 10 Branch


Pelindo Multi Terminal (SPMT) merupakan Sub-Holding PT Pelindo (Persero) yang fokus pada pengelolaan operasional terminal non-petikemas/multipurpose.


SPMT dalam kegiatan operasionalnya mengelola 10 Branch yang tersebar di wilayah Sumatera yaitu di Belawan dan Dumai, pulau Jawa seperti Jamrud Nilam Mirah, Tanjung Intan, Tanjung Wangi, di Kalimantan yaitu Bagendang, Bumiharjo, Trisakti dan Balikpapan serta di Pulau Sulawesi berada di Makassar.


SPMT saat ini juga mengelola 3 Anak Perusahaan, yaitu PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal, Tbk. (IPCC) yang merupakan terminal kendaraan terbesar di ASEAN, dan PT Terminal Curah Utama (TCU). **