Pelindo Multi Terminal Siapkan Penambahan Area Operasi di Sulawesi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero)/Pelindo yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas melakukan kegiatan Sosialisasi Serah Operasi Pelabuhan Parepare dan Garongkong dari Pelindo ke SPMT, Rabu (5/7/2023). Operasi bongkar muat di pelabuhan tersebut direncanakan akan diserahterimakan ke SPMT pada semester II 2023 ini.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program inisiatif strategis Pelindo Group dalam ekspansi Subholding khususnya Pelindo Multi Terminal di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. Sebelumnya, Pelindo Multi Terminal telah mengoperasikan pelabuhan Makassar sejak 2022.

Sekretaris Perusahaan Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami mengatakan, sosialisasi serah operasi pelabuhan Garongkong dan Parepare dari Pelindo ke SPMT ini merupakan bagian dari mewujudkan misi untuk memberikan pelayanan kepelabuhanan. 

"Saat ini SPMT memfokuskan layanan kepelabuhanannya pada pengelolaan terminal non-petikemas seperti terminal curah cair, curah kering, multipurpose, hingga terminal kendaraan, sesuai dengan misi perusahaan sebagai operator terminal multipurpose dengan menciptakan ekosistem yang memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan dan bangsa," ujar Fiona, dalam keterangan tertulis, Kamis (6/7/2023).

Dalam praktik nantinya dijelaskan Fiona, sebagai operator terminal di Pelabuhan Parepare dan Pelabuhan Garongkong, SPMT akan melakukan optimalisasi serta pengembangan terminal dengan beberapa cara, yaitu melakukan konektivitas dengan terminal multipurpose lainnya, menerapkan best practices SOP pengelolaan terminal multipurpose, Operation Excellence, peningkatan atau standarisasi aspek keamanan dan keselamatan, serta melakukan pelatihan operator bongkar muat yang tersertifikasi.

KSOP Kelas III Parepare Shaiful Horry mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan sosialisasi rencana pengoperasian terminal pelabuhan di Parepare dan Garongkong oleh Pelindo Multi Terminal ini. 

"Kami berharap besar dengan kolaborasi ini dapat memberikan kemajuan bagi Sulawesi Selatan, khususnya di wilayah pelabuhan Parepare dan Garongkong, maupun industri yang berujung kepada peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat luas," kata Shaiful.


https://ekonomi.republika.co.id/berita/rxdov7463/pelindo-multi-terminal-siapkan-penambahan-area-operasi-di-sulawesi