Pelindo Multi Terminal Tanamkan Perubahan Positif Lewat Lean Six Sigma

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang operasional multipurpose, menggelar Sharing Session “Lean Six Sigma: SDM sebagai Garda Depan Budaya Efisiensi dan Inovasi” sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam memperkuat budaya kerja yang efisien, adaptif, dan berorientasi pada continuous improvement.


Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Pusat SPMT Medan ini menghadirkan Prof. Dr. Ir. Meilita Tryana Sembiring, ST., MT., IPU, akademisi dan pakar manajemen industri dari Universitas Sumatera Utara, yang juga aktif sebagai konsultan dan narasumber nasional di bidang efisiensi proses dan manajemen organisasi.


Dalam paparannya, Prof. Meilita menjelaskan bahwa di tengah disrupsi digital dan ketatnya persaingan pelabuhan global, perusahaan pelabuhan seperti Pelindo perlu melakukan transformasi menyeluruh melalui penerapan Smart Port, digitalisasi layanan, dan penguatan kompetensi SDM berbasis Lean & Agile.


“Pelabuhan kini tidak cukup hanya efisien, tetapi harus digital-driven, collaborative, dan customer-centric. SDM menjadi kunci untuk menggerakkan perubahan itu melalui budaya kerja Lean Six Sigma yang menumbuhkan ketepatan, kecepatan, dan kualitas dalam setiap proses,” ujar Prof. Meilita.


Ia juga mencontohkan penerapan Lean Six Sigma di bidang SDM, seperti digitalisasi proses rekrutmen dan pengurangan birokrasi yang mampu menurunkan waktu rekrutmen hingga 50% (dari 90 hari menjadi 45 hari) serta meningkatkan kepuasan karyawan dan efisiensi biaya administrasi.


Sementara itu, Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya strategis perusahaan dalam mendorong simplifikasi proses bisnis dan pembentukan insan Pelindo yang memiliki semangat continuous improvement.


“Kami ingin menanamkan semangat perbaikan berkelanjutan di seluruh lini. Setiap insan Pelindo harus menjadi pribadi yang selalu belajar dan mencari cara untuk bekerja lebih efisien dan berdampak. Simplifikasi proses bisnis adalah bagian dari transformasi budaya agar perusahaan lebih lincah, kompetitif, dan berorientasi nilai,” ujar Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal.


Melalui kegiatan ini, peserta juga diajak untuk memahami penerapan konsep DMAIC (Define–Measure–Analyze–Improve–Control) sebagai tahapan utama dalam memperbaiki proses bisnis dan meningkatkan kualitas kerja di lingkungan perusahaan.


Kegiatan sharing session Lean Six Sigma ini menjadi salah satu langkah konkret SPMT dalam mendukung program transformasi Pelindo Group, khususnya dalam membangun budaya operasional yang efisien, inovatif, dan berstandar global.


Dengan semangat tersebut, PT Pelindo Multi Terminal terus memperkuat peran SDM sebagai pilar perubahan dan penggerak utama produktivitas, guna memastikan setiap proses bisnis memberikan nilai tambah bagi perusahaan, pelanggan, dan masyarakat luas.