PENGUMUMAN TENDER PEKERJAAN DESIGN & BUILD DI PELABUHAN BENOA, BALI

PENGUMUMAN TENDER

Nomor: PD.01/30/9/3/PGDN/SDMU/PLMT-24


  1. PT Pelindo Multi Terminal beralamat di Grha Pelindo Gedung A Jalan Lingkar Pelabuhan No.1 Belawan, Medan 20411 bermaksud akan melaksanakan Tender Pekerjaan Design & Build Penyiapan Fasilitas Pemindahan Terminal LNG ke Area Pengembangan II BMTH Di Pelabuhan Benoa Bali.
  2. HPS/OE untuk Pekerjaan dimaksud adalah sebesar Rp87.587.896.442,00 (delapan puluh tujuh miliar lima ratus delapan puluh tujuh juta delapan ratus sembilan puluh enam ribu empat ratus empat puluh dua rupiah) belum termasuk PPN.
  3. Persyaratan Pelaku Usaha untuk mengikuti Tender dimaksud adalah
    1. Persyaratan Umum:
      1. Perusahaan Badan Hukum Indonesia berbentuk Perseroan Terbatas;
      2. Bukan merupakan Kerja Sama Operasi (KSO)/Kemitraan; 3) Terdaftar pada Daftar Pelaku Usaha Terseleksi (DPUT) dan berstatus Active/Activated dalam Vendor Management System (VMS) PT Pelabuhan Indonesia (Persero) b. Persyaratan Kualifikasi 1) Memiliki NIB dengan KBLI 42914 atau KBLI 42915 Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Konstruksi Bangunan Sipil 2) Klasifikasi Usaha Non Kecil
      3. Memiliki Sertifikat Bidang Usaha: I. TI504 – Jasa Terintegrasi untuk Konstruksi Fasilitas Minyak dan Gas; atau II. ST006 – Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Bangunan Sipil Minyak & Gas Bumi; 4) Sertifikat : ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001/OHSAS 18001 dan e-CHSEMS Resiko Tinggi.
    2. Berpengalaman dalam: Calon Penyedia wajib memiliki pengalaman dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir dengan kriteria sebagai berikut:
      1. Memiliki pengalaman dalam mengerjakan Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Liquified Natural Gas (LNG) atau Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau Compressed Natural Gas (CNG) dengan minimum nilai pengalaman pekerjaan untuk setiap kontrak konstruksi sebesar 1/3 dari nilai Harga Perkiraan Sendiri/ Owner Estimate (HPS/OE) pada pekerjaan ini atau pekerjaan terintegrasi atau Rp. 29.195.966.000,- (Dua puluh sembilan milyar seratus sembilan puluh lima juta sembilan ratus enam puluh enam ribu rupiah) belum termasuk PPN;
      2. Memiliki pengalaman dalam mengerjakan Pekerjaan Design & Build Pembangunan Fasilitas Liquified Natural Gas (LNG) atau Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau Compressed Natural Gas (CNG) dengan minimum nilai pengalaman pekerjaan untuk setiap kontrak konstruksi sebesar 1/3 dari nilai Harga Perkiraan Sendiri/ Owner Estimate (HPS/OE) pada pekerjaan ini atau pekerjaan terintegrasi atau Rp. 29.195.966.000,- (Dua puluh sembilan milyar seratus sembilan puluh lima juta sembilan ratus enam puluh enam ribu rupiah) belum termasuk PPN;
      3. Dalam hal Peserta melampirkan pengalaman pekerjaan dari Induk Perusahaan yang berada di Luar Negeri, maka Peserta wajib melampirkan tambahan dokumen berupa Surat Pernyataan, Dukungan & Jaminan dari Perusahaan Induk/ Parent Company Guarantee. Pengalaman pekerjaan dibuktikan dengan menyerahkan salinan/copy surat perjanjian/kontrak atau referensi bukti lainnya dan berita acara serah terima pekerjaan atau referensi bukti lainnya yang menyatakan pekerjaan selesai sekurang-kurangnya memuat informasi nomor, tanggal dan nilai kontrak.
  4. Tatacara Pendaftaran Tender Kepada Pelaku Usaha yang berminat untuk mengikuti Tender tersebut dapat mendaftar sebagai Peserta/Calon Penyedia dengan ketentuan:
    1. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi e-Procurement PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan mengakses alamat website: https://p-eproc.pelindo.co.id/.
    2. Masa Pendaftaran Tender:
      • Mulai : Selasa/ 01 Oktober 2024 jam 08:00 WIB
      • Berakhir : Selasa/ 08 Oktober 2024 jam 17:00 WIB (waktu server)
    3. Tahapan Pendaftaran Tender:
      1. Akses aplikasi e-Procurement PT Pelabuhan Indonesia (Persero);
      2. Pada bagian HomePage, klik “daftar” sesuai dengan paket pekerjaan yang akan diikuti;
      3. Setelah klik “daftar” maka akan muncul login:
        1. Untuk Pelaku Usaha yang belum terdaftar atau berstatus “Deactive” pada VMS:
          1. Klik tombol “Pendaftaran Sebagai Calon Peserta Tender Disini” untuk mendaftarkan Perusahaan terlebih dahulu dalam VMS;
          2. Masukkan NPWP Perusahaan lalu klik validasi, lalu akan muncul permintaan pengisian data perusahaan;
          3. Lengkapi resume data perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan oleh sistem;
          4. Pada aplikasi e-Procurement klik menu registrasi kemudian login menggunakan Nomor Registrasi yang telah dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan;
          5. Lengkapi/upload semua data dan dokumen perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan oleh sistem;
          6. Lakukan verifikasi faktual terhadap dokumen perusahaan yang telah di-upload sampai dengan mendapatkan status perusahaan menjadi “Active/Activated” dengan jadwal:
            • Waktu : Selama Masa Pendaftaran
            • Tempat : Kantor Pusat atau Regional PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang terdekat dengan domisili Pelaku Usaha atau virtual conference
          7. Setelah perusahaan dinyatakan “Active/Activated” maka kembali ke HomePage dan lakukan proses pendaftaran Tender (klik “daftar” pada paket pekerjaan yang akan diikuti) sebagaimana tata cara pendaftaran Tender pada huruf b) di bawah ini.
        2. Untuk Pelaku Usaha yang sudah terdaftar atau berstatus “Active/Activated” pada VMS:
          1. Masukkan username dan password lalu klik login;
          2. Lengkapi/upload semua data dan dokumen perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam pengumuman Tender;
          3. Tahap berikutnya cek/centang seluruh pernyataan yang muncul;
          4. Jika seluruh data telah diisi/centang maka tombol daftar akan muncul;
          5. Klik Daftar
  5. Pengunduhan (download) Dokumen Pemilhan Penyedia (DPP)
    • Terhadap Pelaku Usaha yang telah mendaftar akan dilakukan Evaluasi Pendaftaran Tender dan hasilnya disampaikan melalui Pengumuman. Pelaku Usaha yang lulus Evaluasi Pendaftaran Tender akan dinyatakan sebagai Peserta/Calon Penyedia serta dapat melakukan pengunduhan (download) Dokumen Pemilhan Penyedia (DPP) secara online dari eProcurement atau tautan (link) yang disampaikan melalui e-mail.
  6. Jadwal rapat pemberian penjelasan (aanwijzing) sebagaimana tertuang di dalam pengumuman hasil Evaluasi Pendaftaran Tender
  7. Apabila terdapat hal-hal yang belum jelas terkait dengan tata cara pendaftaran, status vendor di e-Procurement ataupun yang lainnya dapat menghubungi Divisi Layanan SDM dan HSSE PT Pelindo Multi Terminal melalui e-mail: [email protected] atau [email protected] atau [email protected].


Medan, 01 Oktober 2024

DIREKSI PT PELINDO MULTI TERMINAL

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

DIVISI LAYANAN SDM DAN HSSE

DEPARTEMEN PENGADAAN 



Dapat diakses di link berikut : https://bit.ly/tenderspmtbenoabali240110