SETAHUN BERDIRI, SPMT KELOLA 22 PELABUHAN

Setahun pasca dibentuk sebagai subholding dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero), PT Pelindo Multi Terminal / SPMT terus melakukan ekspansi perusahaan dengan mengelola operasional di 22 Pelabuhan di seluruh Indonesia melalui penyerahan operasi dari Pelindo, inbreng saham kepemilikan 2 anak perusahaan Pelindo yaitu PTP yg bergerak di bidang terminal multipurpose dan IKT yang bergerak di terminal kendaraan, serta  pengoperasian 1 terminal milik swasta di Kalimantan Tengah.

 

Ekspansi korporasi ini juga didukung dengan performa positif PT Pelindo Multi Terminal / SPMT. Hingga semester I tahun 2022 SPMT telah melayani 6,8 juta Ton General Cargo,  9,8 juta Ton Curah Cair, 22,1 juta Ton Curah Kering, 168 ribu Teus Petikemas, dan 520 ribu unit Kendaraan.

 

Trafik General Cargo sendiri mengalami peningkatan sebesar 15% dari periode yang sama di tahun 2021, sementara trafik Bag Cargo meningkat 25% dibanding tahun 2021. “Performa positif SPMT ini akan terus ditingkatkan, didukung dengan upaya perluasan wilayah operasional berupa serah operasi di terminal berbagai cabang pelabuhan, serta melakukan kajian lebih lanjut untuk dapat mengoperasikan terminal-terminal potensial milik swasta sebagaimana program peningkatan Value Creation dari Pelindo Group,” ujar Direktur Utama SPMT, Drajat Sulistyo (07/11).

 

Selanjutnya disampaikan, SPMT terus mendorong proses transformasi berupa standarisasi operasional terminal nonpetikemas dan aspek standar komersial sehingga biaya logistik kepelabuhanan di Indonesia khususnya kegiatan nonpetikemas semakin efisien, sambung Drajat.

 

“Segmen nonpetikemas di indonesia pada prinsipnya memiliki potensi besar dengan melihat penyebaran komoditi baik kebutuhan pokok maupun kebutuhan industri, sehingga standarisasi pola operasional dan pelayanan menjadi kebutuhan agar dapat memenuhi ekspektasi para pengguna jasa dan berkontribusi pada efektivitas biaya logistik nasional,” urai Drajat.

 

Drajat juga menambahkan bahwa SPMT berkomitmen penuh untuk dapat memenuhi keinginan dan harapan pengguna jasa. Hal ini dipastikan dengan jaminan akan kepastian Waktu Layanan (fixed time), Kepastian Biaya ( fixed cost), dan Kepastian Keamanan (Safety).

 

“Tiga hal tersebut akan sangat mendorong terhadap penurunan Waktu Tambat Kapal/Port Stay dan juga produtivitas Bongkar Muat Terminal sehingga PT Pelindo Multi Terminal kedepannya mampu mewujudkan visi sebagai Indonesia's Connectivity Champion,” pungkas Drajat.

 

Selesai