SMPT Kenalkan Pelabuhan di Kampus UMSU

Medanbisnisdaily.com-Medan. PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) mewujudkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan melalui program Pelindo Edutalks yang mengusung tema 'Future Skills for Future Job: Sebuah Pandangan Strategis PT Pelindo Multi Terminal' di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Medan, Kamis (07/03/2024).

Kuliah umum yang digelar atas kerja sama SPMT dengan UMSU diharapkan memberikan kontribusi nyata, menstimulasi para mahasiswa yang merupakan generasi muda bangsa agar bisa menentukan dan memilih karier yang tepat di masa depan.

Direktur SDM SPMT, Edi Priyanto, mengungkapkan di era digital, sejumlah tantangan muncul di berbagai sektor, termasuk di kepelabuhanan, dan salah satunya disrupsi, di mana terjadi perubahan masif yang mengubah sistem dan tatanan bisnis yang lebih baru karena adanya inovasi dan kreativitas baru.

"Disrupsi dan ketidakpastian hanya memerlukan kekuatan, dan kuncinya hanya ada tiga, yaitu 'saya tahu, saya mau, dan saya mampu', karena kunci perubahan ada pada orangnya, perubahan itu proses, bukan sebuah event yang dilakukan sekali atau dua kali saja," kata Edi saat menyampaikan materi.

Dalam konteks evolusi pekerjaan, Edi juga menyampaikan, generasi muda saat ini harus mampu mengidentifikasikan pergeseran tuntutan pekerjaan dari era industri ke era digital dan era informasi.

Wakil Rektor 1 UMSU, Muhammad Arifin, menuturkan melalui kuliah umum yang disampaikan oleh Direktur SDM SPMT Edi Priyanto, diharapkan mahasiswa UMSU dapat belajar tentang berbagai skill baru untuk menghadapi tantangan baru di masa depan.

"Saat ini nyatanya sudah banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh mesin, dan di era 4.0 ini akan muncul lapangan pekerjaan-pekerjaan baru, yang penting tidak saja pengetahuan tapi juga keterampilan, dan paling penting terkait attitude," ujar Arifin.

Sekretaris Perusahaan SPMT, Fiona Sari Utama, menambahkan SPMT akan terus melakukan sejumlah program keberlanjutan yang menyasar pada tiga fokus utama TJSL Perusahaan, dan salah satunya program peduli pendidikan.

"Subholding Pelindo akan terus berkolaborasi dengan institusi pendidikan untuk pengembangan generasi muda dan terus melakukan edukasi pelabuhan seperti kuliah umum ini," pungkas Fiona.

Reporter
CHAIRUL ANWAR
Editor
BENNY PASARIBU