STANDARISASI DAN OPTIMALKAN LAYANAN, SPMT BAGENDANG TERIMA PENETAPAN TERMINALISASI DARI KEMENHUB

PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai salah satu Sub-Holding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang bergerak di bidang pelayanan operasional terminal non-petikemas, terus berkomitmen untuk mengimplementasikan standarisasi serta meningkatkan kualitas pelayanan operasional kepada para pengguna jasa. Hal ini ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan tentang Penetapan Terminal Curah Cair  di Pelabuhan Bagendang pada Selasa, 01 November 2022 di Jakarta, dari Kepala KSOP Kelas III Sampit Sidratul Muntaha, serta dihadiri oleh Direktur Utama SPMT Drajat Sulistyo, Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar dan CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyoso.

 

Penetapan terminalisasi di Pelabuhan Bagendang ditujukan untuk menghadirkan terminal dedicated yang didukung dengan standarisasi alat dan peningkatan produktivitas sehingga dapat meningkatkan efisiensi biaya operasional yang berdampak pada penurunan biaya logistik, yang menjadi benefit baik bagi pihak pengelola terminal dan pihak pengguna jasa. Untuk menjalankan TCC di Pelabuhan Bagendang, SPMT telah meningkatkan ketersediaan sistem dan prosedur pelayanan, kapasitas SDM, fasilitas tambat permanen, alat bongkar muat serta sistem operasi untuk masing-masing lokasi terminal.

 

Direktur Utama SPMT Drajat Sulistyo menyampaikan terima kasih kepada pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit dan harapan atas penetapan terminalisasi TCC di Pelabuhan Bagendang. “Penetapan terminalisasi adalah bentuk komitmen SPMT untuk terus meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan kepada pengguna jasa, dan momentum ini melanjutkan langkah inisiasi Terminal SPMT yang sudah dilakukan di Pelabuhan Belawan pada Juli 2022 lalu untuk dapat terus meningkatkan level of service sesuai kebutuhan customer,” tutur Drajat.

 

CEO Pelindo Sub Regional Kalimantan Fariz Hariyoso, turut menyampaikan, “pelaksanaan operasional TCC dan di Pelabuhan Bagendang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan operasional. Saya mewakili Pelindo mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Sampit serta koordinasi dan kerjasama dari Subholding SPMT.”

 

Kepala KSOP Kelas III Sampit Sidratul Muntaha dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan dukungan Pelindo Regional 3,  dan SPMT dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada para pengguna jasa. “Kami harapkan hal ini menjadi momentum bagi pengelola terminal dan pelabuhan bersama Stakeholder untuk terus melakukan upaya penataan dan peningkatan layanan yang berkelanjutan,” sebut Sidratul.

 

Direktur Operasi SPMT Ridwan Sani Siregar menyebut, penetapan terminalisasi TCC dan di Pelabuhan Bagendang merupakan wujud komitmen SPMT untuk terus meningkatkan penataan dan pengembangan operasional yang berkelanjutan di pelabuhan yang dikelola. "Termasuk di antaranya klasterisasi lokasi penyadaran kapal berdasarkan jenis komoditi kargo diharapkan dapat berdampak pada standarisasi pelayanan dan peningkatan produktivitas operasional yang pada akhirnya dapat mempersingkat waktu port stay kapal," pungkas Ridwan.

 

Selesai