Tender Pekerjaan Design & Build Pembangunan Perpipaan BBM di Area Pengembangan 2 Pelabuhan Benoa

PENGUMUMAN TENDER

Nomor: PD.01/10/2/1/PGDN/SDMU/PLMT-25

1. PT Pelindo Multi Terminal beralamat di Grha Pelindo Gedung A Jalan Lingkar Pelabuhan No.1 Belawan, Medan 20411 bermaksud akan melaksanakan Tender Pekerjaan Design & Build Pembangunan Perpipaan BBM di Area Pengembangan 2 Pelabuhan Benoa.

2. HPS/OE untuk Pekerjaan dimaksud adalah sebesar Rp76.818.535.000 (tujuh puluh enam miliar delapan ratus delapan belas juta lima ratus tiga puluh lima ribu rupiah) belum termasuk PPN.

3. Persyaratan Pelaku Usaha untuk mengikuti Tender dimaksud adalah:

a. Persyaratan Umum:

i. Perusahaan Badan Hukum Indonesia berbentuk Perseroan Terbatas;

ii. Bukan merupakan Kerja Sama Operasi (KSO)/Kemitraan;

iii. Terdaftar pada Daftar Pelaku Usaha Terseleksi (DPUT) dan berstatus Active/Activated dalam Vendor Management System (VMS) PT Pelabuhan Indonesia (Persero)

b. Persyaratan Kualifikasi

i. Memiliki NIB dengan KBLI 42915 Pekerjaan Konstruksi Bangunan Sipil Minyak dan Gas Bumi;

ii. Kualifikasi Usaha Non kecil

iii. Memiliki Sertifikat Bidang Usaha ST006 – Pekerjaan Konstruksi Terintegrasi Bangunan Sipil Minyak & Gas Bumi;

iv. Sertifikat: ISO 9001, ISO 14001, ISO 45001/OHSAS 18001 dan Sertifikat e-CHSEMS (SKK Migas) Resiko Tinggi atau Sertifikat CSMS (Pertamina) Resiko Tinggi.

c. Berpengalaman dalam :

Calon Penyedia wajib memiliki pengalaman dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun terakhir dengan kriteria sebagai berikut:

i. Memiliki pengalaman pekerjaan konstruksi fasilitas minyak dan gas dengan minimum nilai pengalaman pekerjaan untuk setiap kontrak konstruksi sebesar 1/3 dari nilai Harga Perkiraan Sendiri/ Owner Estimate (HPS/OE) pekerjaan ini atau sama dengan Rp 25.607.000.000 (dua puluh lima miliar enam ratus tujuh juta rupiah) belum termasuk PPN; atau

ii. Memiliki pengalaman dalam mengerjakan Pekerjaan Design and Build fasilitas minyak dan gas dengan minimum nilai pengalaman pekerjaan untuk setiap kontrak konstruksi sebesar 1/3 dari nilai Harga Perkiraan Sendiri/ Owner Estimate (HPS/OE) pekerjaan ini atau sama dengan Rp 25.607.000.000 (dua puluh lima miliar enam ratus tujuh juta rupiah) belum termasuk PPN;

1. Pengalaman pekerjaan dibuktikan dengan menyerahkan salinan/copy surat perjanjian/kontrak atau referensi bukti lainnya dan berita acara serah terima pekerjaan atau referensi bukti lainnya yang menyatakan pekerjaan selesai.

4. Tatacara Pendaftaran Tender

Kepada Pelaku Usaha yang berminat untuk mengikuti Tender tersebut dapat mendaftar sebagai Peserta/Calon Penyedia dengan ketentuan:

a. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi e-Procurement PT Pelabuhan Indonesia (Persero) dengan mengakses alamat website: https://p-eproc.pelindo.co.id/

b. Masa Pendaftaran Tender:

Mulai : Selasa/ 11 Februari 2025 jam 08:00 WIB

Berakhir : Selasa/ 18 Februari 2025 jam 17:00 WIB (waktu server)

c. Tahapan Pendaftaran Tender:

i. Akses aplikasi e-Procurement PT Pelabuhan Indonesia (Persero);

ii. Pada bagian HomePage, klik “daftar” sesuai dengan paket pekerjaan yang akan diikuti;

iii. Setelah klik “daftar” maka akan muncul login:

1. Untuk Pelaku Usaha yang belum terdaftar atau berstatus “Deactive” pada VMS:

a. Klik tombol “Pendaftaran Sebagai Calon Peserta Tender Disini” untuk mendaftarkan Perusahaan terlebih dahulu dalam VMS;

b. Masukkan NPWP Perusahaan lalu klik validasi, lalu akan muncul permintaan pengisian data perusahaan;

c. Lengkapi resume data perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan oleh sistem;

d. Pada aplikasi e-Procurement klik menu registrasi kemudian login menggunakan Nomor Registrasi yang telah dikirimkan ke e-mail yang telah didaftarkan;

e. Lengkapi/upload semua data dan dokumen perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan oleh sistem;

f. Lakukan verifikasi faktual terhadap dokumen perusahaan yang telah di-upload sampai dengan mendapatkan status perusahaan menjadi “Active/Activated” dengan jadwal:

Waktu : Selama Masa Pendaftaran

Tempat : Kantor Pusat atau Regional PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yang terdekat dengan domisili Pelaku Usaha atau virtual conference

g. Setelah perusahaan dinyatakan “Active/Activated” maka kembali ke HomePage dan lakukan proses pendaftaran Tender (klik “daftar” pada paket pekerjaan yang akan diikuti) sebagaimana tata cara pendaftaran Tender pada huruf b) di bawah ini.

2. Untuk Pelaku Usaha yang sudah terdaftar atau berstatus “Active/Activated” pada VMS:

a. Masukkan username dan password lalu klik login;

b. Lengkapi/upload semua data dan dokumen perusahaan sebagaimana yang dipersyaratkan dalam pengumuman Tender;

c. Tahap berikutnya cek/centang seluruh pernyataan yang muncul;

d. Jika seluruh data telah diisi/centang maka tombol daftar akan muncul;

e. Klik Daftar

5. Pengunduhan (download) Dokumen Pemilhan Penyedia (DPP) 

Terhadap Pelaku Usaha yang telah mendaftar akan dilakukan Evaluasi Pendaftaran Tender dan hasilnya disampaikan melalui Pengumuman. Pelaku Usaha yang lulus Evaluasi Pendaftaran Tender akan dinyatakan sebagai Peserta/Calon Penyedia serta dapat melakukan pengunduhan (download) Dokumen Pemilhan Penyedia (DPP) secara online dari eProcurement atau tautan (link) yang disampaikan melalui e-mail.

6. Jadwal rapat pemberian penjelasan (aanwijzing) sebagaimana tertuang di dalam pengumuman hasil Evaluasi Pendaftaran Tender

7. Apabila terdapat hal-hal yang belum jelas terkait dengan tata cara pendaftaran, status vendor di e-Procurement ataupun yang lainnya dapat menghubungi Divisi Layanan SDM dan HSSE PT Pelindo Multi Terminal melalui e-mail: pengadaan@pelindomultiterminal.co.id atau pengadaan.spmt@pelindo.co.id atau pengadaan_spmt@pelindo.co.id.



Medan, 11 Februari 2025

DIREKSI PT PELINDO MULTI TERMINAL

DIREKTORAT SUMBER DAYA MANUSIA

DIVISI LAYANAN SDM DAN HSSE

DEPARTEMEN PENGADAAN



Link : https://drive.google.com/file/d/1c-vyCTsDJyiW281vzuTxngdvONHgRN9F/view?usp=sharing