USU KOLABORASI DENGAN PELINDO FASILITASI INTERNATIONAL SUMMER COURSE 2023

Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara (USU) dengan PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai  salah satu Subholding PT Pelindo, yang dalam bisnisnya bergerak pada kepelabuhanan di bidang operasi  terminal multipurpose di Indonesia, seperti curah cair, curah kering, dan kargo umum, berkolaborasi dalam  pelaksanaan program International Summer Course 2023 yang berlangsung 7-10 November 2023 di  Medan. 

Program yang diikuti sebanyak 126 peserta yang di antaranya merupakan mahasiswa asal Indonesia,  Malaysia, Rusia, Pakistan, dan Bangladesh ini berfokus pada tema 'Mengelola Ekosistem Berkelanjutan di  Sekitar Pelabuhan'. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan praktis  terkait ekosistem berkelanjutan, terutama dalam konteks kepelabuhanan. 

Direktur SDM PT Pelindo Multi Terminal, Edi Priyanto mengungkapkan, kolaborasi ini merupakan wujud  dari aksi nyata Pelindo Group sebagai bagian dari BUMN dalam mendukung dunia pendidikan yang  merupakan salah satu program prioritas Pelindo. Program ini dilaksanakan dengan mengenalkan dunia  kepelabuhanan dan maritim melalui materi workshop dengan tema ekosistem dan kunjungan/visit lapangan  di Pelabuhan Belawan dan Pelabuhan Kuala Tanjung. 

Di samping itu, para peserta juga turut mengunjungi beberapa calon kampung binaan Pelindo di wilayah  sekitar Pelabuhan guna melihat secara langsung pembenahan lingkungan dan edukasi kepada masyarakat  yang telah dilakukan perusahaan sebagai bentuk wujud kontribusi kepedulian Perusahaan pada  perkembangan sosial dan lingkungan di wilayah sekitar operasional Pelabuhan Belawan. 

"Kolaborasi USU dan SPMT ini juga sejalan dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan  (TJSL) sebagai komitmen perusahaan terhadap pembangunan berkelanjutan dengan memberikan manfaat  pada pendidikan, ekonomi, sosial, lingkungan dengan prinsip yang lebih terintegrasi dan terukur  dampaknya bagi masyarakat luas," jelas Edi Priyanto. 

Sementara itu Ketua Program Studi S2/S3 Teknik Sipil USU Dr. Ir. Ahmad Perwira Mulia Tarigan MSc IPU  yang juga sebagai Lead Program International Summer Course 2023, mengapresiasi Pelindo dan SPMT  yang memfasilitasi pelaksanaan International Summer Course 2023 di Belawan. Ahmad Perwira  menerangkan, secara keseluruhan pelaksanaan program ini merupakan platform untuk berbagi  pengetahuan, kolaborasi dan network internasional, dan memperkuat praktik berkelanjutan khususnya  dalam membangun green port.

"Kami mengapresiasi Pelindo dan SPMT yang telah berkolaborasi khususnya bersama USU dan PII Sumut  menjadi host International Summer Course 2023. Para peserta telah terlibat dalam berbagai kegiatan  edukatif; selain memperoleh pengetahuan tentang kepelabuhanan dari pemateri juga mendapatkan  pengalaman kunjungan lapangan langsung ke operasional pelabuhan, serta kampung binaan di sekitar  Perusahaan. Semua ini memberikan wawasan berharga kepada para peserta didik tentang praktik yang  berwawasan lingkungan dan tantangan dunia nyata kelak," ujar Perwira. 

Muhammad Izzulnazmi, Peserta asal Universitas Selangor Malaysia mengapresiasi International Summer  Course yang diselenggarakan oleh pihak USU dan Pelindo. Selain mendapatkan pemahaman tentang  manajemen pelabuhan, logistik dan perdagangan internasional, para peserta juga mendapatkan  pengalaman langsung dalam kunjungan operasional terminal pelabuhan, yaitu Pelabuhan Belawan dan  Pelabuhan Kuala Tanjung 

“Pelabuhan Belawan memberikan kesan positif kepada peserta tentang bagaimana komitmen insan  Pelindo pada green port dengan berbagai inovasi yang diusung seperti penerapan eco-friendly practices,  efisiensi energi, dan pengukuran sampah reduksi, serta pendekatan terhadap lingkungan. Dengan  menyeimbangkan tujuan bisnis perusahaan secara ekonomi dan pertimbangan ekosistem lingkungan”  tutup Izzulnazmi. 


SELESAI