Pelindo Multi Terminal Terapkan Sistem Digital di Branch Tanjung Emas

Jakarta - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) melakukan Go-Live sistem PTOS-M (Pelindo Terminal Operational System - Multipurpose) di SPMT Branch Tanjung Emas, Jumat (22/12/2023). Peralihan ke sistem PTOS-M ini merupakan upaya SPMT dalam peningkatan kualitas layanan bagi pengguna jasa di Branch Tanjung Emas, sekaligus bagian dari program transformasi dan standarisasi di Pelindo Group.
Branch Manager SPMT Branch Tanjung Emas Hardianto mengatakan kegiatan ini merupakan wujud implementasi dari inisiatif strategis yang dilakukan Pelindo dalam transformasi dan standarisasi operasional pelabuhan yang berpegang pada 6 pilar transformasi, yaitu proses bisnis, teknologi, peralatan, SDM, infrastruktur, dan HSSE.

Hardianto menyebut pascamerger Pelindo, transformasi dan standarisasi pelabuhan menjadi upaya mewujudkan visi Pelindo untuk memimpin maritim Indonesia.

"SPMT Branch Tanjung Emas melakukan Go Live Sistem PTOS-M hari ini, yang menjadi bagian dari transformasi dan standarisasi operasional yang manfaatnya juga dapat dirasakan pengguna jasa sehingga bisa merasakan pengalaman pelayanan yang sama di pelabuhan manapun," kata Hardianto dalam keterangan tertulis, Jumat (22/12/2023).

Sementara itu, SVP Pengelolaan Operasi SPMT Zevy Wandono Diargo menyampaikan Branch Tanjung Emas ini jadi terminal ke-25 yang melakukan transformasi dan standarisasi operasi di lingkungan SPMT.

"Transformasi ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan, untuk terus mengoptimalkan pelabuhan yang dikelola SPMT. Transformasi dan standarisasi pelabuhan ini difokuskan untuk meningkatkan performa operasional hingga dapat menurunkan port stay yang kemudian akan berdampak pada penurunan biaya logistik di Indonesia," ungkap Zevy.

Zevy menyatakan implementasi dari seluruh pilar-pilar tersebut, termasuk peralihan ke sistem PTOS-M diharapkan bisa memberikan dampak yang positif, serta memberikan pelayanan yang maksimal bagi pengguna jasa.


Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Multi Terminal Fiona Sari Utami menambahkan peningkatan layanan operasional ini ditandai dengan angka kinerja operasional Pelindo yang tumbuh positif sampai dengan bulan November 2023.

"Tercatat hingga November tahun 2023, kinerja PT Pelindo Multi Terminal mengalami tren positif dengan tumbuhnya angka bongkar muat di pelabuhan yang kami kelola. Dengan transformasi dan peningkatan pelayanan yang secara kontinyu terus berlangsung, SPMT berharap tren positif kinerja perusahaan akan terus berlanjut dan mencapai target yang telah ditetapkan hingga akhir tahun 2023," terang Fiona.

Pada waktu yang sama, SPMT Branch Tanjung Emas juga melakukan syukuran dengan simbolisasi tumpeng dan melakukan santunan kepada anak yatim.

Sebagai informasi, transformasi SPMT Branch Tanjung Emas merupakan bagian dari upaya Pelindo Multi Terminal untuk terus menghadirkan layanan operasional yang lebih baik dan meningkatkan kepuasan para pengguna jasa dengan kinerja yang terstandarisasi di seluruh Indonesia.

Sebagai informasi, SPMT juga telah melakukan transformasi di Branch Jamrud Nilam Mirah, Branch Bagendang, Branch Tanjung Wangi, Branch Makassar, Branch Belawan, dan Branch Gresik. SPMT juga melakukan transformasi operasional di terminal-terminal lain yang dikelola di seluruh Indonesia, sehingga tercipta standarisasi layanan operasional non-petikemas dalam mendukung kinerja Pelindo Multi Terminal untuk konektivitas Indonesia sesuai dengan visi SPMT yaitu Indonesia's Connectivity Champion.

(anl/ega)

Baca artikel detiknews, "Pelindo Multi Terminal Terapkan Sistem Digital di Branch Tanjung Emas" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-7103962/pelindo-multi-terminal-terapkan-sistem-digital-di-branch-tanjung-emas.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/