SPMT Lembar Catat Layani 34.632 Penumpang selama Libur Nataru

Lombok Barat, IDN Times - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo melalui Subholding PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) berhasil memberikan layanan prima dan optimal kepada para penumpang selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Dengan komitmen tinggi terhadap kenyamanan dan keselamatan penumpang, SPMT Branch Lembar mencatat peningkatan aktivitas tanpa mengurangi kualitas layanan.


Branch Manager SPMT Lembar, Kunto Wibisono mengungkapkan, keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras dan koordinasi seluruh tim operasional di lapangan."Kami telah mempersiapkan infrastruktur, sistem, dan personel sejak jauh hari untuk memastikan para penumpang dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman selama libur Nataru," kata Kunto, Selasa (14/1/2025).


1. Trafik penumpang dan kendaraan meningkat 20 persenIlustrasi penumpang turun dari kapal di Pelabuhan Lembar. (IDN Times/Istimewa)Selama periode libur Nataru, SPMT Branch Lembar mencatat trafik penumpang sebanyak 34.632 orang dan 22.800 unit kendaraan melintas. Secara total trafik penumpang dan kendaraan yang melintas melalui Pelabuhan Lembar meningkat sebesar 20 persen dibandingkan periode Nataru tahun sebelumnya. Jumlah tersebut tercatat dalam rentang waktu 11 Desember 2024 hingga 10 Januari 2025 atau H-15 hingga H+15 libur Nataru. Mengantisipasi lonjakan trafik penumpang dan kendaraan, Kunto menyebutkan telah menerapkan langkah persiapan berupa penyiapan fasilitas operasional dan pendukung serta kesiapan dukungan teknologi.


2. Didukung adanya Posko NataruIlustrasi penumpang turun dari kapal di Pelabuhan Lembar. (IDN Times/Istimewa)Selain itu yang menjadi prioritas adalah koordinasi dengan Kementerian Perhubungan serta Instansi Pemerintah dan Stakeholder pelabuhan lainnya untuk memastikan keselamatan, keamanan dan kelancaran aktivitas penumpang. "Kelancaran layanan penumpang periode Nataru ini juga didukung adanya Posko Angkutan Nataru terpadu yang bekerja sama dengan berbagai stakeholders yang menjalankan fungsi sebagai pusat pengawasan, koordinasi, dan informasi dalam memantau kondisi kenyamanan dan keselamatan penumpang,” tambah Kunto.


3. Terus berinovasi meningkatkan pelayananIlustrasi kapal DLU di Pelabuhan Gili Mas Lombok Barat, NTB. (IDN Times/Muhammad Nasir)Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Pelabuhan Lembar, Syamsurizal menjelaskan bahwa kesuksesan pelayanan penumpang periode Nataru tidak terlepas dari kerja sama yang baik dari sejumlah stakeholders di lingkungan pelabuhan.“Kami mengapresiasi kerja keras dari berbagai pihak yang turut mendukung kelancaran arus penumpang periode Nataru. Harapannya capaian tahun ini bisa menjadi bahan evaluasi pembelajaran untuk pelaksanaan di masa mendatang sehingga kualitas layanan penumpang transportasi laut bisa terus ditingkatkan dari waktu ke waktu,” ujar Syamsurizal.Ke depan, SPMT Lembar akan terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan, memastikan pengalaman perjalanan yang lebih baik bagi para penumpang. SPMT Lembar berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik, tidak hanya pada masa liburan, tetapi juga sepanjang tahun.